Media Sablon

SABLON PLASTIK

Sablon berbahan dasar plastik gunakan screen type menengah T150 atau T165, sedangkan cat memakai jenis POLYTUF atau POLYMATE, tergantung jenis plastik yang digunakan.
contoh: jenis plastik bening memakai cat jenis POLYTUF dengan pengencer TERPINE. Sedangkan untuk plastik buram/PVC/ember/gayung dll memakai jenis POLYMATE dengan pengencer M4.
Dari kedua jenis tersebut banyak tukang sablon menggunakan cat jenis POLYMATE dengan pengencer M4, dengan alasan jenis cat tersebut cukup baik digunakan untuk kedua bahan dasar plastik tersebut.
Saablon plastik cukup rumit, harus berlangsung dengan cepat . Sering sekali screen yang digunakan cepat kering dan mampet sehingga harus dibersihkan (digosok) berulang-ulang dengan memakai kain bersih yang di basahi dengan pengencer.
Untuk mengatasinya, harus mengatur tempo penyablonan secara konsisten dalam kecepatan menyablon. Menyablon plastik harus cepat

SABLON KERTAS


Sablon berbahan dasar kertas, screen yang ddipakai adalah type menengah keatas seperti T150, T165, S180 dan S200 agar hasil sablonnya menjadi halus dan bagus.


Cat yang dipakai adalah Vinil Gloss dengan pengencer M3 atau dengan menggunakan pengencer FUJISOL.
Untuk afdruknya dipakai obat afdruk berbasis SOLVEN atau minyak.

SABLON BERBAHAN DASAR KAIN


Sablon berbahan dasar kain cukup dengan menempelkan screen diatas kain/kaos/spanduk, cukup dengan satu atau dua kali gesutan rakel. Gunakan screen dengan type rendah T48, T54 untuk hasil sablonan yang baik.


Pemakaian cat untuk dasar kain berwarna putih kental, lalu ditambahkan bahan pewarna "PIGMENT" kedalam cat . Agar hasil sablonan pada kain tahan lama, campurkan sedikit cairan "PENGUAT WARNA" pada cat yang sudah dicampur dengan pewarna.
Untuk penyablonan kaos/kain sebaiknya menggunakan alas papan triplex pada bagian dalamnya agar cat tidak tembus kebelakang. Hasil sablonan dapat diberi efek mengkilap dengan cara menyablon sekali lagi (gambar/tulisan sablon yang sudah ada) dengan screen yang sama menggunakan bahan TOP COUT.

SABLON TIMBUL PADA KERTAS


Dengan menggunakan "BUBUK TIMBUL", menghasilkan sablon timbul pada kertas dengan cara:


Kertas yang sudah disablon (masih dalam keadaan basah) ditaburi dengan bubuk timbul secara merata. kemudian dikeringkan dengan menggunakan strika (jangan terlalu panas) dengan membalikan kertas tersebut diatas bantalan busa, kemudian press dengan strika.

0 Response to "Media Sablon"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Rewards Credit Cards